Thursday, January 12, 2006

[Jember] Update info 12/01/06: SARKASME ALA TIM SAR OPA JEMBER

SARKASME ALA TIM SAR OPA JEMBER

Kawan-kawan Pemerhati dan Peduli Bencana Jember,

Ada yang menarik ketika tadi malam saya berkunjung ke lokasi bencana di Desa Kemiri, Kec. Panti, Kab. Jember. Saat ini Balai Desa Kemiri penuh dengan bantuan untuk pengungsi yang menumpuk tinggi dan di rumah-rumah depan Balai Desa Kemiri juga penuh barang-barang bantuan untuk pengungsi. Selain itu di sekitar Balai Desa Kemiri juga banyak personel polisi dan tentara yang bergerombol membentuk kelompok-kelompok kecil "diskusi".

Ada satu orang anggota Tim SAR OPA Jember yang saat itu sedang asyik nempel sebuah poster di dinding rumah yang sebagian besar telah roboh diterjang banjir bandang. Apa isi poster itu? Isinya adalah :

ADVENTURE TOURISM ORGANIZER
SEDIA PEMANDU
"WISATA BENCANA ALAM"
AREA : Gunung Pasang & Kali Putih
FASILITAS : Mobil off road, porter dan tenda, perahu karet
HUB: 0813 - 30306794

Apakah ini sebuah iklan wisata petualangan? Bukan! Bahkan ini jauh dari sebuah iklan wisata petualangan. Poster itu merupakan sebuah KRITIK KERAS kepada pihak-pihak yang telah menjadikan bencana banjir bandang dan longsor ini menjadi sebuah arena "pertunjukkan". Menjadi arena "wisata bencana" yang dipadati oleh para "wisatawan bencana". Menjadi sebuah Panggung Hajatan Bencana Nasional (baca: [Jember] Update info 11/01/06: PANGGUNG HAJATAN BENCANA)

Sarkasme adalah sebuah gaya bahasa sindiran atau kritik yang kasar. Apakah orang-orang yang menjadi tujuan kritik tersebut tahu dan paham dengan maksud kawan-kawan SAR OPA Jember? Apakah kritik ini akan mengena pada sasaran?

Jawaban pertanyaan di atas sangat tergantung dengan kepekaan masing-masing individu yang membaca poster tersebut. Bagi kebanyakan orang poster itu mungkin malah dianggap sebagai iklan petualangan benar-benar. Sebagian yang lain akan menganggap hanya sebagai "joke" ala pencinta alam. Tapi sebagian lain yang kecil jumlahnya karena mempunyai kepekaan dan hati nurani akan menanggapi serius "iklan petualangan ala Tim SAR SOP Jember" ini. Bagi kelompok yang sedikit ini, "iklan petualangan ala Tim SAR SOP Jember" adalah bentuk kritik dan ketidakpuasan atas ketidakbecusan pihak-pihak yang seharusnya berwenang dalam melakukan kerja-kerja penanggulangan bencana banjir bandang dan longsor di Jember ini.


Jember, 12 Januari 2006
Jam 09.55

Djuni "Lethek" Pristiyanto
Email: senoaji@cbn.net.id

-----------------------------------------
My Blog:
# Jalan Setapak adalah Jalan Hidupku
# Berita-Berita Lingkungan Indonesia
# Peduli Bencana Jember
----------------------------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home